Wisata Gerabah Bantul

Posted on
Wisata Gerabah Bantul

Wisata Gerabah Bantul merupakan salah satu daerah di Yogyakarta yang terkenal sebagai daerah penghasil gerabah.

Tepatnya desa Kasongan, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, menjadi pusat dari Wisata Gerabah Bantul. Dari desa inilah berasal gerbah-gerabah yang indah dengan motif yang artistik diproduksi.

Desa kasongan menjadi sentra pembuatan gerabah sejak jaman penjajahan Belanda. Menurut sejarahnya desa kasongan dulunya adalah daerah persawahan dan masyarakat bekerja sebagai petani. Tapi suatu ketika seekor kuda milik tentara Belanda mati di sawah penduduk. Penduduk menjadi takut dan menjual tanahnya pada Belanda. Penduduk yang tidak bisa bertani lagi akhirnya mulai mencoba membuat peralatan dapur dari tanah liat yang banyak terdapat di desa Kasongan dan berlanjut sampai saat ini.

Dahulunya masyarakat desa Kasongan hanya memproduksi peralatan dapur seperti kendi dan kuali. Namun seiring perubahan jaman desa kasongan kini berganti memproduksi barang-barang kerajinan dengan bentuk yang beragam serta nilai estetika yang tinggi.

Produsen wisata gerabah bantul di desa kasongan masih mempertahankan cara tradisional

Para pengrajin juga merupakan pengrajin turun-temurun. Rumah-rumah penduduk di desa ini berfungsi sebagai tempat produksi sekaligus galeri dan tempat pemasaran wisata gerabah bantul.

Wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Gerabah Bantul, umumnya sengaja datang untuk membeli garabah dan melihat secara langsung proses pembuatan gerabah. Wisatawan yang berkunjung tidak hanya berasal dari wisatawan domestik namun juga di dominasi oleh wisatawan manca negara. Gerabah yang paling banyak dicari adalah patung Loro Bonyo, yaitu patung sepasang penganti Jogja yang dipercaya membawa keberuntungan bagi pemiliknya bila di pajang. Patung ini diproduksi dalam berbagai ukuran dan berbagai pose oleh pengrajin.

Aneka kerajinan gerabah lainnya yang diproduksi oleh pengrajin di desa Wisata Gerabah Bantul, diantaranya asbak, guci, pot dengan berbagai ukuran, souvenir sepeti patung kuda, patung, hiasan dinding, pigura, topeng dan lainnya. Motif hiasan yang digemari diantaranya bunga, burung merak, naga dan juga batik. Pesanan gerabah yang terbanyak justru datang dari mancenegara yaitu dari negara-negara Eropa dan juga Amerika.

Sewa Mobil Jogja Yogyakarta:

CV Riffa Transport
Kantor : 0274497673
Tsel : 08112521777
Alamat: Jl Prambanan – Piyungan KM 5 Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta 55572