Makam Imogiri Bantul Projotamansari

Lokasi Makam Imogiri berada di dusun Pajimatan,desa Girirejo,kecamatan Imogiri,kabupaten Bantul,Yogyakarta. Tepatnya terletak di bukit Merak

Lokasi Makam Imogiri berada di dusun Pajimatan,desa Girirejo,kecamatan Imogiri,kabupaten Bantul,Yogyakarta. Tepatnya terletak di bukit Merak.

Makam Imogiri merupakan kompleks makam Raja-Raja mataram islam. Di kerajaan mataram islam, tersebutlah raja bernama Sultan Agung Honyokrokusumo yang gagah dan bijaksana. Suatu hari, ketika sedang berjalan-jalan bersama seorang ulama, Sultan Agung dan para ulama sampai di suatu tempat, merasakan aroma harum, ternyata bau tanah yang harum.

Sultan Agung meminta keinginan, ingin dikuburkan di tanah berbau harum itu. Sultan Agung menyuruh abdi dalem (Pegawai Keraton), ke bukit Giriloyo untuk membuat makam untuk Sultan Agung. Paman Sultan Agung,Gusti Pangeran Juminah, waktu itu ia sedang sakit bersamaan. Lalu ia meninggal dunia, dimakamkan di makam baru itu. Kata Sultan Agung makam itu sangat sempit, lalu Sultan Agung kembali ke istana untuk mengambil tanah berbau harum itu, lalu dilempar ke arah selatan jatuh di bukit Merak, di desa Pajimatan,kecamatan Imogiri,Bantul.

Fasilitas yang ada di makam Imogiri seperti toilet, tempat parkir, masjid, dan guide.

Untuk masuk area ini tidak ada tiket masuk, melainkan sumbangan sukarela ditempat juru kunci makam dan mengisi buku tamu. Bagi yang menghendaki membawa air enceh di persilaahkan mengisi sumbangan sukarela juga dan membeli botol tempat air sebesarRp 1.000, dan bagi pengunjung yang tidak memakai pakaian Jawa dari rumah di tempat ini di sewakan pakaian untuk memasuki area makam sebesar Rp 5.000, untuk satu stel pakaian baik untukwanita maupun pria. Ada juga jika menghendaki buku saku mengenai riwayat makam, anda bisa mendapatkannya dengan harga kurang lebih Rp 3.000.

Makam Imogiri di buka setiap hari – hari tertentu saja :

Hari jum’at, mulai pukul 13.00.

Hari senin, mulai pukul 10.00.

Hari minggu, mulai pukul 10.00.

Tanggal 1 dan 8 bulan syawal, mulai pukul 10.00.

Pada bulan puasa dan hari besar agama islam, makam Imogiri di tutup untuk umum.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke makam Imogiri. Jangan lupa hubungi kami Rifa Transport untuk sewa mobil jogja, sekian terima kasih salam hangat dari kami.

CV Riffa Transport
Kantor : 0274497673
Tsel : 08112521777
Alamat: Jl Opak Raya, Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta 55572
Untuk Update Artikel bisa Join di Channel Telegram

https://t.me/riffatravelnews

Komentar Menggunakan akun facebook anda

Open chat
1
Hallo, Selamat datang di Riffatransport.com
Chat Langsung dengan admi cantik kami di sini
Powered by