Yogyakarta Kota Wisata Seni dan Budaya

Posted on

Pagelaran Seni merupakan bagian dari wisata Seni di Jogja, Banyak sekali pertunjukkan dan pagelaran seni yang diadakan di berbagai tempat di Jogja yang khusus diadakan untuk menghibur para wisatwan yang datang berkunjung. Jogja juga memiliki banyak museum yang menyajikan berbagai benda seni karya seniman Jogja. Selain itu ada pula perkampungan wisata dimana wisatawan dapat melihat pembuatan benda-benda kerajinan secara langsung.

Wisata Seni Di Jogja yang paling terkenal adalah Pagelaran Sendratari Ramayana. Pertunjukkan seni ini diadakan di pelataran Candi Prambanan pada malam hari. Pertunjukkan ini menampilkan kisah legendaris Ramayana dengan tarian yang dikemas apik dan juga dilengkapi dengan pertunjukkan akrobatik yang juga ikut mewarnai cerita. Selain itu juga ada pagelaran seni lainnya yang juga dipertunjukkan di beberapa objek wisata lainnya di Yogyakarta.

Museum adalah objek Wisata Seni Di Jogja lainnya. Beberapa museum seni yang ada di Jogja dintaranya adalah Museum Batik di Jl. Sutomo, Yogyakarta, museum Affandi di Jl. Laksa Adisucipto No. 167 yang merupakan museum batik swasta karya dan koleksi desainer Affandi, museum Wayang Kekayon di Jl. Wonosari Km 7, dan museum Seni Lukis Kontemporer Gunarsa di Jl. Wulung, Papringan, Depok.

Selain seni pertunjukkan dan museum wisata seni di Jogja lainnya adalah wisata perkampungan seni. Diantaranya wisata gerabah desa Kasongan di kabupaten Bantul, wisata kerajinan perak di Kotagede, wisata penbuatan keris di desa Banyusumurup, kabupaten Bantul, dan wisata kerajinan Batik di desa Giriloyo. Di desa-desa ini wisatawan dapat melihat aneka kerajinan dengan berbagai bentuk, corak, dam motif serta meliaht langsung cara pembuatannya.

Jogja juga kaya akan upacara adat dan budaya yang masih dilaksanakan turun temurun hingga saat ini. Upacara adat dan budaya tersebut juga merupakan  bagian dari Wisata Seni Di Jogja. Dari semua upacara adat dan budaya beberapa diantaranya juga dimeriahkan dengan pagelaran seni dan peetunjukkan. Selain itu juga terdapat beberapa pagelaran seni dan karnaval yang memang diadakan khusus rutin setiap tahunnya bagi wisatawan yang juga merupakan bagian dari agenda pariwisata Jogja.

salam hangat sewa mobil jogja riffa transport

CV Riffa Transport
Kantor : 0274497673
Tsel : 08112521777
Alamat: Jl Prambanan – Piyungan KM 5 Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta 55572

Komentar Menggunakan akun facebook anda