Wisata Pantai Wediombo Gunung Kidul

Posted on

Jogja memiliki wisata pantai wediombo yang tak kalah eksotis bila dibanding dengan wisata pantai yang ada di Pulau Bali

Terutama gugusan pantai-pantai  di selatan Jogja. Salah satu pantai di selatan Jogja yang terkenal akan pasir putihnya adalah Pantai Wediombo. Wediombo merupakan kata dari bahasa jawa, wedi berarti pasir dan ombo yang berarti luas.

Wisata Pantai Wediombo merupakan teluk yang luas dengan bebatuan karang yang mengapitnya. Pantai wediombo memiliki pesona pantai yang perawan dengan pasir putih yang masih terjaga dan air laut yang jernih. Pesona ini ditambah dengan masih banyaknya pepohonan rindang di sekitar pantai sehingga pantai ini memiliki suasana yang tenang dan sejuk.

Wisata Pantai Wediombo terkenal dengan wisata memancingnya. Di pantai ini wisatawan bisa memancing ikan di laut lepas dari bebatuan karang. Dibutuhkan perjuangan keras dalam mendaki bukit karang yang berada di bagian timur pantai. Namun hal ini sebanding dengan ikan-ikan yang besar yang bisa disapat bila memancing di bukit karang. Ikan yang biasanya di dapat adalah ikan cucut atau masyrakat menyebutnya ikan panjo.

Sama halnya dengan pantai-pantai selatan lainnya, Wisata Pantai Wediombo juga memiliki ombak yang besar. Ombak yang besar ini sangat cocok untuk olah raga selancar atau surfing. Bukit-bukit karang yang hijau dan subur di bagian kiri dan kanan pantai juga menantang untuk olah raga hiking.

Wisata Pantai Wediombo berlokasi sekitar 80 km dari kota Yogyakarta terpatnya berada di desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Wediombo memiliki daerahn yang rendah dari daerah daratan di sekitarnya sehingga menuju pantai wisatawan harus menuruni banyak anak tangga.

Bila beruntung mengunjungi Wisata Pantai Wediombo, wisatwan berkesempatan melihat upacara Ngalangi. Yaitu upacara ucapan syukur dan memohon rejeki yang digelar setahun sekali oleh nelayan setempat. Prosesi upacara Ngalangi, dilakukan dengan merentangkan gawar (jaring) dari pohon wawar secara bersama pada saat air pasang. Saat air surut gawar ditarik dan ikan-ikan hasil tangkapan dimasak secara bersama-sama. Sebagian ikan akan dijadikan sesajen dan dihanyutkan kelaut sementara sisanya dibagikan pada seluruh masyarakat.

demikian informasi yang dapat kami berikan, untuk info lebih lanjut bisa menghubungi kantor sewa mobil jogja riffa transport. terima kasih

CV Riffa Transport
Kantor : 0274497673
Tsel : 08112521777
Alamat: Jl Prambanan – Piyungan KM 5 Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta 55572

Komentar Menggunakan akun facebook anda