Wisata Pantai Kukup Gunung Kidul

Posted on
Pantai Kukup Gunung Kidul

Pantai Kukup adalah salah satu objek wisata pantai yang eksotis andalan Yogyakarta

Wisata Pantai Kukup adalah pantai pasir putih yang luas dengan bebatuan karang yang terhampar di sepanjang pantai. Berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya Wisata Pantai Kukup memiliki daerah laut dangkal yang tenang sekitar 75 – 100 meter dari bibir pantai. Daerah dangkal ini dibatasi oleh gundukan terumbu karang pada ujung pantai berfungsi melindungi pantai dari hempasan ombak. Laut dangkal di tepi Pantai Kukup berisi terumbu karang dengan aneka ikan hias yang unik, bintang laut dan berbagai biota laut lainnya. Kondisi pantai yang bersih dan air yang jernih memungkinkan wisatawan dapat melihat keindahan laut dangkal ini dengan mata telanjang. Daerah laut dangkal ini jugalah yang membuat  Pantai Kukup terkenal kaya akan biota lautnya.

Di sebelah timur objek Wisata Pantai Kukup terdapat sebuah pulau karang yang bernama Pulau Jumino. Antara Pantai Kukup dan Pulau Jumino dihubungkan oleh sebuah jembatan. Pada puncak Pulau Jumino terdapat sebuah gardu pandang. Gardu pandang ini sengaja dibangun bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan laut lepas dengan ombak-ombak besar yang menghempas bebatuan karang.

Di tebing sebelah barat karang Wisata Pantai Kukup juga banyak terdapat gua-gua karang. Gua-gua karang ini kerap dijadikan tempat berteduh wisatwan dari teriknya sinar matahari saat bermain di pantai. Gua-gua ini juga digenangi air dan biota laut.

Wisata Pantai Kukup berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Atau berada 1 km sebelah timur Pantai Baron. Pantai Kukup bisa ditempuh dengan berkendara dengan memakan waktu sekitar 5 jam dari kota Yogyakarta. Objek wisata pantai kukup menjadi salah satu objek wisata pantai yang menjadi percontohan. Pantai Kukup ditunjang oleh berbagai fasilitas yang cukup baik diantaranya seperti hotel, restoran, dan pondok wisata. Akses jalan ke pantai Kukup pun juga sudah bagus. Para wisatawan juga dapat dengan mudah menjumpai kios cenderamata, pedagang ikan hias dan jajanan khas ikan yang telah tertata rapi di sepanjang wisata Pantai Kukup.

Info tentang jogja hubungi kami, Salam hangat dari kami sewa mobil jogja riffa transport.

CV Riffa Transport
Kantor : 0274497673
Tsel : 08112521777
Alamat: Jl Prambanan – Piyungan KM 5 Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta 55572