Wisata Keraton Yogyakarta

Yogyakarta sangat terkenal dengan Wisata Keraton Yogyakarta

Wisata Keraton Yogyakarta atau juga bernama Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton Yogyakarta berfungsi sebagai tempat pemerintahan sekaligus tempat tinggal sultan. Karaton Yogyakarta sendiri didirikan pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengkubowono I berdasarkan hasil perjanjian Giyanti yang memecah kerajaan Mataram menjadi dua kerajaan yaitu Keraton Yogyakarta dan Keraton Surakarta.

Mengunjungi Wisata Keraton Yogyakarta, wisatawan disuguhkan dengan arsitektur bangunan keraton yang memadukan unsur budaya jawa, hindu, dan juga Eropa. Selain itu wisatawan juga dapat melihat secara langsung kehidupan istana dan kehidupan abdi dalam keraton yang sangat kental dengan tradisi kerajaan dan budaya jawa. Di dalam Keraton Yogyakarta terdapat tiga museum, yaitu museum gamelan, museum kereta, museum lukisan dan istana keraton sendiri yang juga berfungsi sebagai museum. Di museum ini banyak sekali terdapat benda-benda bersejarah koleksi keraton hasil peninggalan sejarah dari jaman kerajaan Mataram hingga jaman kemerdekaan. Beberapa koleksi itu diantaranya gamelan, batik dengan berbagai corak termasuk corak larangan, keramik dan gerabah serta benda-benda bersejarah lainnya.

Selain sebagai museum sejarah Wisata Keraton Yogyakarta berfungsi sebagai pusat pelestarian budaya jawa

Dari dalam keraton inilah budaya jawa tetap dipertahankan, dijaga keutuhannya dan dilestarikan agar tetap tumbuh dan berkembang di masyarakat. Tradisi-tradisi dan perayaan yang telah berlangsung turun-temurun tetap dipertahankan dan masih diselanggaran hingga saat ini. Keraton Yogyakarta juga menyelenggarakan pagelaran seni untuk para wisatawan setiap harinya yaitu pagelaran musik gamelan, wayang golek, taritradisional jawa, Macapat, wayang kulit dan wayang orang yang dimulai antara pukul 09.30 dan 10.00 Wib.Wisata Keraton Yogyakarta dibuka dari pukul 8 pagi hingga pukul 2 siang setiap harinya. Tapi khusus hari jumat hanya dibuka hingga pukul 12 siang. Mengunjungi keratom wisatawan akan dikenakan biaya masuk antara Rp 3000,- hingga Rp 5000,-. Dan bagi yang membawa kamera akan dikenakan biaya tambahan Rp 1000,-.Wisata  Keraton Yogyakarta sangat indah dengan pepohonan yang rindang dan orang-orang yang ramah sehingga sangat memanjakan wisatawan. 

This entry was posted in Blog and tagged . Bookmark the permalink.
CV Riffa Transport
Kantor 0274 497673
Telkomsel 08112591502
XL 08176001199

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *