Tempat Wisata Kulon Progo Terbaru

Table of Contents

Tempat Wisata Kulon Progo – Kulon Progo memiliki banyak sekali tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari destinasi wisata alam, edukasi, hingga tempat hits nan Instagramable siap menanti untuk dijelajahi.

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata Kulon Progo paling populer dan wajib dikunjungi saat berlibur ke daerah DIY ini khsusunya dengan layanan rental mobil jogja. Tempat-tempat wisata ini akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi wisatawan.

Berikut adalah rekomendasi tempat wisata Kulon Progo paling populer dan wajib dikunjungi saat berlibur ke daerah DIY ini.

Daftar Destinasi Tempat Wisata Kulon Progo Terbaru

Tempat-Wisata-Kulon-Progo-Terbaru

Destinasi Tempat Wisata Kulon Progo dengan Nuansa Alam Menarik

Kulon Progo memiliki banyak sekali objek wisata alam mulai dari pantai, air terjun, gunung, hingga waduk yang eksotis dan memukau. Semuanya sayang untuk dilewatkan saat berlibur ke Kulon Progo.

Kedung Pedut

Kedung Pedut adalah sebuah air terjun eksotis dengan ketinggian mencapai 25 meter yang terletak di Desa Srihardono, Kecamatan Sidoharjo. Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan dan debit air yang cukup deras sepanjang tahun.

Kedung Pedut dikelilingi hutan jati yang rindang dan asri. Suasana di sekitar air terjun sangat sejuk dan nyaman untuk piknik atau sekadar bersantai. Pengunjung juga bisa berenang di kolam alami di bawah air terjun menikmati kesegaran airnya yang menyegarkan.

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo adalah salah satu perkebunan teh terluas di Kulon Progo yang terletak di Dusun Nglinggo, Desa Hargotirto. Kebun teh seluas 250 hektar ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX.

Hamparan perkebunan teh yang hijau membentang di lereng bukit sangat indah dipandang mata. Suasananya mirip dengan perkebunan teh di negeri sakura Jepang. Pengunjung bisa menikmati pemandangan kebun teh dari gazebo-gazebo yang disediakan sambil menyesap seduhan teh gratis. Ada juga kafe dan restoran lesehan di dalam kawasan.

Ekowisata Sungai Mudal

Sungai Mudal adalah sebuah sungai jernih yang mengalir diapit oleh bukit kapur dan hutan jati di Desa Banyuroto. Sungai dengan panjang 12 km ini menyajikan ekowisata yang menarik bagi pengunjung.

Terdapat beragam wahana petualangan seperti flying fox, arung jeram, river tubing, hingga panjat tebing di sepanjang Sungai Mudal. Pemandangan sekitar sungai juga indah dengan formasi batu kapur yang artistik. Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas air menyenangkan di Sungai Mudal.

Waduk Sermo

Waduk Sermo terletak di Desa Donotirto, Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Waduk seluas 90 hektar ini dikelilingi perbukitan hijau yang indah. Suasana di Waduk Sermo sangat tenang dan damai. Tempat wisata di Kulon Progo yang satu ini menjadi destinasi favorit untuk memancing, berperahu, berkemah, dan bersantai menikmati pemandangan.

Di sekitar waduk banyak terdapat pepohonan rindang yang cocok untuk berteduh atau sekadar bersantai. Pemandangan sunrise dan sunset di Waduk Sermo juga sangat mempesona.

Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka adalah sebuah air terjun cantik dengan ketinggian sekitar 15 meter yang berlokasi di Dusun Bleberan, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap. Air terjun ini dikelilingi hamparan Hutan Pinus yang hijau dan sejuk.

Debit air yang cukup deras membuat kobaran air terjun Kembang Soka terlihat indah sekali. Kolam alami di bawah air terjun sangat cocok untuk berendam dan bersantai menikmati suasana hutan pinus yang asri. Area sekitar air terjun juga nyaman digunakan untuk berkemah atau sekadar piknik.

Bukit Wisata Pulepayung

Bukit Wisata Pulepayung adalah sebuah bukit landai yang terletak di Dusun Pulepayung, Desa Donotirto. Puncak bukit ini menjadi spot favorit untuk menikmati pemandangan panorama Kota Yogyakarta dari ketinggian.

Di puncak bukit terdapat gazebo dan kafe kecil yang biasa digunakan pengunjung untuk bersantai sambil menikmati suguhan kopi atau teh. Sunset di Puncak Bukit Pulepayung juga sangat instagramable dengan latar Kota Yogya.

Puncak Widosari

Puncak Widosari adalah destinasi pendakian yang cukup menantang di Kulon Progo. Puncak yang menjulang setinggi 400 mdpl ini berlokasi di Perbukitan Menoreh. Rute pendakian ke Puncak Widosari memiliki kontur tanjakan yang curam dan terjal.

Dipuncak bukit pengunjung disuguhkan pemandangan sunrise yang sangat memesona. Berbagai satwa liar seperti monyet dan berbagai jenis burung juga bisa ditemui di sekitar jalur pendakian.

Goa Kebon

Goa Kebon adalah sebuah goa alami yang terletak di Dusun Krambilsawit, Desa Guwosari, Kecamatan Pengasih. Goa ini memiliki panjang sekitar 150 meter dengan lebar 25 meter. Di dalam goa banyak menghiasi stalaktit dan stalakmit yang cantik.

Goa Kebon juga memiliki sungai bawah tanah dan kolam renang alami. Suhu udara di dalam goa sekitar 20 derajat celcius sehingga sangat sejuk. Goa Kebon sangat cocok untuk dijelajahi bagi wisatawan yang hobi spelunking atau mencari tantangan.

Pantai Glagah Indah

Pantai Glagah Indah adalah sebuah pantai eksotis dengan pasir putih yang terletak di Desa Temon Wetan. Pantai sepanjang 1 km ini masih sangat alami dengan vegetasi kelapa dan pandan yang rindang. Ombak di Pantai Glagah Indah cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk berselancar.

Selain itu, terumbu karang di sekitar pantai juga indah untuk menyelam dan snorkeling. Suasana Pantai Glagah Indah masih tenang dan belum ramai wisatawan.

Goa Kiskendo

Goa Kiskendo adalah goa vertikal yang terletak di Dusun Bleberan, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap. Goa ini memiliki kedalaman sekitar 15 meter dengan tantangan medan yang cukup ekstrim. Di dalam goa banyak menghiasi stalaktit dan stalagmit yang artistik.

Goa Kiskendo sangat cocok untuk dijelajahi oleh pencinta speleologi atau olahraga pendakian tebing. Peralatan pendakian lengkap disarankan untuk menjelajah Goa Kiskendo dengan aman dan nyaman.

Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru adalah kawasan wisata hits yang terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Objek wisatanya berupa tebing curam setinggi 220 meter yang dilengkapi jembatan gantung dan sky deck untuk menikmati pemandangan hutan pinus dan sungai di bawahnya.

Sensasi berdiri di atas tebing curam Kalibiru sungguh mencengangkan. Selain itu ada pula wahana flying fox sepanjang 200 meter di atas tebing untuk menambah keseruan.

Gunung Ijo

Gunung Ijo adalah sebuah gunung berapi purba yang terletak di perbatasan Kulon Progo dan Gunungkidul. Gunung setinggi 871 mdpl ini masih memiliki aktivitas solfatara di kawah puncaknya.

Semburan uap belerang dan tanah yang masih hangat bisa dirasakan saat mendaki ke puncak Gunung Ijo. Rute pendakian memiliki tantangan ekstra karena medan yang terjal dan berbatu. Pemandangan kawah di puncak sungguh eksotis.

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo adalah destinasi pendakian yang terletak di Perbukitan Menoreh dengan ketinggian 1.212 mdpl. Pendakian ke puncak ini memiliki tantangan medan sedang dan cocok untuk pemula.

Di puncak pengunjung disuguhkan pemandangan sunrise yang sangat menakjubkan. Satwa eksotis seperti lutung jawa dan berbagai jenis burung juga sering terlihat di sekitar jalur pendakian.

Puncak Gunung Lanang

Gunung Lanang adalah gunung tertinggi di Kulon Progo dengan ketinggian mencapai 1.325 mdpl. Pendakian menuju puncaknya memiliki rute yang curam dan terjal sehingga tantangannya cukup berat.

Namun view puncak Gunung Lanang yang spektakuler saat sunrise sangat setimpal dengan perjuangan mendakinya. Di sekitar pendakian bisa disaksikan hamparan hutan jati dan pinus yang hijau.

Waduk Mini Kleco

Waduk Mini Kleco adalah sebuah waduk kecil yang terletak di Dusun Pagedongan, Desa Panjangrejo, Kecamatan Sentolo. Waduk seluas 5 hektar ini dikelilingi perbukitan berwarna kecoklatan yang indah.

Suasana Waduk Mini Kleco sangat tenang dan damai. Waduk ini menjadi spot favorit memancing dan berperahu kayak di Kulon Progo. Selain itu, pengunjung juga bisa berkemah sambil menikmati sunset di tepi waduk.

Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo adalah air terjun setinggi 30 meter yang berlokasi di Dusun Sidoharjo, Desa Sidoharjo, Kecamatan Temon. Air terjun ini berhulu dari Sungai Progo dengan debit air cukup deras sepanjang tahun.

Kolam alami di kaki air terjun sangat cocok untuk mandi dan berenang menikmati kesegaran airnya. Vegetasi hutan jati di sekitar air terjun juga membuat suasananya sejuk dan rindang.

Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Dusun Sambirejo, Desa Donoharjo, Kecamatan Samigaluh. Air terjun bertingkat ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan lebar sekitar 10 meter.

Debit air cukup deras sehingga gemericiknya terdengar saling bersahutan bagai seribu air terjun. Kolam alami di bawah air terjun sangat cocok untuk mandi dan berenang menikmati kesegaran airnya.

Pantai Trisik

Pantai Trisik adalah pantai eksotis dengan hamparan pasir putih seluas 3 hektar yang terletak di Desa Donotirto. Deburan ombak di Pantai Trisik cukup tenang sehingga aman untuk berenang.

Bibir pantai ditumbuhi kelapa dan cemara yang rindang sehingga suasananya teduh. Pengunjung bisa bersantai di tikar atau berjemur menikmati suasana pantai yang masih alami.

Pantai Congot

Pantai Congot adalah salah satu pantai paling terkenal di Kulon Progo yang berlokasi di Desa Purwobinangun, Kecamatan Temon. Pantai dengan pasir putih halus ini memiliki pemandangan laut lepas yang sangat menakjubkan.

Ombak Pantai Congot cukup tinggi sehingga cocok untuk berselancar. Spot snorkeling dan diving di terumbu karangnya juga menyajikan pemandangan bawah laut yang indah.

Tempat Eduwisata Hits di Kulon Progo

Selain objek wisata alam, Kulon Progo juga memiliki banyak tempat eduwisata seru dan tak kalah menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa rekomendasi tempat eduwisata di Kulon Progo yang tak kalah seru:

Wildlife Rescue Center

Wildlife Rescue Center adalah penangkaran satwa yang terletak di Dusun Triwidayan, Desa Bejiharjo, Kecamatan Lendah. Penangkaran ini menampung berbagai satwa langka seperti rusa, burung merak, ular sanca, buaya muara, owa jawa, kukang, serta beragam primata. Pengunjung bisa melihat satwa-satwa eksotis dari dekat melalui kandang-kandang yang dilengkapi informasi edukatif. Ada pula arena berinteraksi dengan beberapa jenis satwa yang jinak.

Arung Jeram Sungai Progo

Arung jeram di Sungai Progo bisa menjadi pilihan aktivitas seru saat berkunjung ke Kulon Progo. Deretan jeram dengan tingkat kesulitan beragam terbentang di sepanjang Sungai Progo. Penyedia jasa arung jeram menyediakan peralatan seperti pelampung, helm, dan sepatu karet untuk keselamatan. Guide berpengalaman juga siap mendampingi untuk mengarungi jeram-jeram di Sungai Progo.

Goa Sriti

Goa Sriti adalah goa alami horizontal sepanjang 1 km yang berlokasi di Dusun Sambirejo, Desa Kebonharjo, Kecamatan Samigaluh. Suasana di dalam goa sangat sejuk dengan temperatur rata-rata 20 derajat C. Stalaktit dan stalakmit unik nan artistik menghiasi langit-langit dan lantai goa. Goa Sriti cocok dijelajahi untuk melatih adrenalin dan menikmati keindahan alam bawah tanahnya.

Tempat Wisata Kulon Progo yang Instagramable

Bagi para pemuda yang doyan swafoto, Kulon Progo juga punya banyak sekali tempat hits nan instagramable yang patut didatangi.

Pantai Bugel

Pantai Bugel yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Pengasih menjadi destinasi hits karena memiliki spot swafoto unik berupa deretan umbul-umbul berwarna-warni. Selain itu pasir putih yang lembut dan air laut biru jernih juga sangat cantik untuk diabadikan. Suasana Pantai Bugel juga masih alami dan belum ramai.

Bendungan Ancol

Bendungan Ancol terletak di Dusun Demen, Desa Banjarejo, Kecamatan Galur. Daya tarik utamanya adalah adanya mural dan street art karya seniman lokal yang sangat kreatif dan instagramable. Pengunjung bisa berfoto dengan latar mural warna-warni tersebut. Pemandangan bendungan dan pedesaan sekitar juga cantik.

Bukit Isis

Bukit Isis yang berlokasi di Dusun Grogol, Desa Sidomulyo ini memiliki hamparan bunga warna-warni yang sangat luas. Pemandangan bukit yang dihiasi bunga-bunga ini mirip lanskap Belanda. Sangat cocok untuk spot swafoto dan foto prewedding ala Eropa. Bukit ini juga dilengkapi cafe dan restoran hits.

Air Terjun Setawing

Air Terjun Setawing memiliki ketinggian sekitar 30 meter yang berlokasi di Dusun Sumberwringin, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang. Air terjun yang belum banyak dikunjungi wisatawan ini berpotensi menjadi spot swafoto yang instagramable dan eksotis.

Pantai Pasir Kadilangu

Pantai Pasir Kadilangu yang terletak di Desa Donotirto ini memiliki hamparan pasir putih lembut seluas 5 hektar. Suasana pantai yang tenang dan pemandangan sunset di Pantai Kadilangu sangat romantis. Spot ini recommended untuk foto prewedding atau foto keluarga.

Embung Banjaroya

Embung Banjaroya adalah sebuah danau kawah dengan air jernih yang dikelilingi bukit hijau di Dusun Banjaroya. Spot ini sangat cocok untuk foto prewedding ala Eropa karena suasananya yang asri dan tenang. Pemandangan danau dan perbukitan di sekitarnya juga sangat indah.

Puncak Dipowono

Puncak Dipowono adalah bukit yang memiliki ketinggian sekitar 500 mdpl di Dusun Dipowono, Desa Giripurno. Dari atas puncak bukit ini pengunjung bisa menyaksikan pemandangan Kota Yogyakarta dan Merapi dari ketinggian. Suasana di Puncak Dipowono juga sejuk karena dikelilingi pepohonan pinus dan cemara. Spot yang cocok buat swafoto keluarga atau bersantai menikmati sunset.

Hutan Pinus Girimulyo

Hutan Pinus Girimulyo adalah hamparan hutan pinus yang sangat luas dan asri di Dusun Girimulyo. Suasana di hutan pinus ini sejuk dan bersih dengan pemandangan perbukitan. Spot yang pas untuk melakukan foto prewedding ala Eropa. Ada juga cafe distro di area hutan pinus Girimulyo.

Bendung Kayangan

Bendung Kayangan terletak di Dusun Kayangan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Temon. Bendung ini memiliki danau yang cukup luas dengan jembatan penyeberangan yang artistik. View danau dengan latar pegunungan di sekitarnya sangat indah. Spot yang cocok untuk foto keluarga atau swafoto.

Kebun Bunga Krisan Gerbosari

Kebun Bunga Krisan Gerbosari berlokasi di Dusun Gerbosari. Setiap musim, lahan seluas 5 hektar ini akan dipenuhi hamparan bunga krisan kuning yang sangat cantik. Swafoto dengan latar bunga krisan yang mekar indah dipandang mata.

Tempat Wisata Kulon Progo untuk yang Suka Berpetualang

Destinasi favorit para traveler muda yang hobi tantangan dan mencari sensasi adrenalin menyegarkan. Bagi yang hobi tantangan, Kulon Progo juga punya banyak spot petualangan seru seperti:

Rafting Kalibawang

Kali Bawang menyajikan arung jeram menantang bagi penggemar olahraga air ini. Sungai sepanjang 12 km yang berhulu dari Pegunungan Menoreh ini memiliki beberapa titik jeram dengan tingkat kesulitan beragam mulai dari yang gampang hingga sulit. Penyedia jasa menyediakan peralatan safety serta guide berpengalaman.

Bukit Cendana

Bukit Cendana menjadi spot favorit pendakian di Kulon Progo dengan kontur tanjakan terjal dan rute yang menantang. Pendakian menuju puncaknya yang tinggi sekitar 500 mdpl memakan waktu sekitar 2-3 jam. Pemandangan saat sunrise dari puncak Bukit Cendana sangat memukau mata.

Air Terjun Kedung Ingas

Air Terjun Kedung Ingas berlokasi di Dusun Mangiran dengan ketinggian sekitar 40 meter. Medan trekking hutan menuju lokasi air terjun ini cukup menantang dengan kontur tanah berbatu dan berawa-rawa. Suasana di sekitar air terjun masih sangat asri dan jarang dikunjungi wisatawan.

Kedung Bendo

Kedung Bendo adalah sebuah kolam alami yang dikelilingi tebing setinggi 30 meter di Desa Girisekar. Tempat ini cocok untuk diving atau loncat tebing bagi pencari tantangan. Sensasi terjun bebas menghantam air kolam sungguh memacu adrenalin. Pemandangan sekitar kolam juga indah.

Bukit Jangkang

Bukit Jangkang menjadi spot favorit hiking di Kulon Progo dengan kontur medan terjal dan menantang. Rute trekking menuju puncak memakan waktu sekitar 5 jam dengan pemandangan indah savana dan hutan jati. View sunrise di puncak Bukit Jangkang sangat fantastis.

Tebing Gunung Gajah

Tebing Gunung Gajah menjadi spot panjat tebing dengan tinggi hingga 80 meter dan tantangan medan beragam mulai dari medium hingga hard. Pendakian vertical dengan berbekal peralatan lengkap sangat disarankan untuk keamanan. Pemandangan dari atas tebing sungguh mencengangkan.

Puncak Moyeng

Gunung Moyeng dengan puncak setinggi 1.061 mdpl menjadi tantangan tersendiri untuk didaki. Medan pendakian yang curam dan terjal membutuhkan fisik prima. Pemandangan Kawah Gunung Api Purba Nglanggeran dari puncak luar biasa memesona saat sunrise.

Puncak Kuda Sembrani

Pendakian menuju Puncak Kuda Sembrani dengan ketinggian 1.050 mdpl memiliki medan yang ekstrim curam dan terjal. Hanya pendaki berpengalaman yang mampu menaklukkan jalur pendakian menuju puncak ini. Pemandangan puncak yang spektakuler setimpal dengan perjuangan mendakinya.

Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan Langit berupa jembatan gantung di atas tebing Watu Jaran setinggi 300 mdpl. Berdiri dan ayun-ayun di atas jembatan sambil menikmati pemandangan lembah sungguh memacu adrenalin. Peralatan keamanan lengkap wajib digunakan di atas jembatan ini.

Curug Siluwok

Curug Siluwok adalah sebuah air terjun setinggi 30 meter yang berlokasi di Dusun Bunder, Desa Sidorejo. Di bawah air terjun terdapat kolam alami yang dalam dan luas. Selain mandi dan berenang, kolam ini juga cocok untuk aktivitas seru seperti sliding, cliff jumping, dan diving dari bebatuan. Sensasi adrenalin terjun bebas ke kolam sungguh seru dirasakan.

Gunung Kukusan

Gunung Kukusan adalah gunung berapi dengan ketinggian 1.012 mdpl yang berlokasi di perbatasan Kulon Progo dan Magelang. Di puncak gunung ini masih terdapat kawah dengan aktivitas solfatara yang aktif. Rute pendakian menuju puncak cukup ekstrim dan hanya cocok bagi pendaki profesional. Pemandangan kawah di puncak luar biasa eksotisnya.

Tugu Pensil

Tugu Pensil adalah monumen setinggi 30 meter di atas sebuah bukit landai nan indah di Desa Giripeni. Bentuknya yang unik seperti pensil raksasa sangat instagramable. Spot ini recommended untuk swafoto atau sekadar bersantai menikmati pemandangan bukit dan desa.

Pantai Bidara

Pantai Bidara yang terletak di Dusun Krapyak ini memiliki spot snorkeling yang sangat menarik. Terumbu karang di pantai masih terjaga dengan populasi ikan tropis yang berwarna-warni melimpah. Snorkeling di Pantai Bidara seperti menyelam di akuarium raksasa alami.

Rangkuman Tempat Wisata Kulon Progo

Beragam objek wisata alam hingga edukasi seru siap menanti untuk dijelajahi wisatawan di Kulon Progo. Jelajahi semua tempat hits dan rekomendedasinya dengan sewa mobil jogja agar perjalanan wisata jauh lebih flexible dan menyenangkan. Kulon Progo ternyata menyimpan banyak pesona yang sayang untuk dilewatkan.