Syurganya Wisata Yogyakarta yang Patut Untuk Di Kunjungi

Syurganya Wisata Yogyakarta yang Patut Untuk Di Kunjungi

Ngomongin soal wisata ya Jogja ahlinya. Yah tepat sekali! Yogyakarta merupakan tempat dimana semua surga wisata ada disana. Mulai dari wisata alam, candi, wisata perbelanjaan semuanya tersedia lengkap di Yogyakarta. Badan dunia UNESCO telah menyatakan di Indonesia tepatnya di Yogyakarta ada 2 tempat yang merupakan warisan dunia, sebut saja Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Mau tau apa saja surge wisata Yogyakarta yang patut dikunjungi?

Berikut merupakan tempat wisata yang dijadikan surga wisata oleh wisatawan dari berbagai daerah;

Malioboro

Siapa yang tidak kenal dengan Malioboro. Malioboro merupakan jalan sepanjang dua kilometer yang menjadi destinasi wisata Yogyakarta. Malioboro sendiri dikenal sebagai pusat perbelanjaan kota Yogyakarta. Di Malioboro dapat dijumpai berbagai macam toko yang menjual pakaian, makanan maupun minuman serta perlengkapan-perlengkapan perabotan rumah tangga pun ada. Disana juga terdapat kedai makanan seperti angkringan yang menjajakan masakan-masakan khas Jogja yang sangat menggugah selera. Harga yang ditawarkanpun beraneka ragam yang pasti pas buat kantong kita.

Disepanjang jalan Malioboro juga terdapat bangunan-bangun megah dan hotel berbintang yang bisa kita gunakan sebagai tempat bermalam. Harga hotel disana juga menyesuaikan apakah kita wisatawan dari luar negeri atau dalam negeri, sehingga tarifnya pun berbeda.

Candi Borobudur

Candi Borobudur memang menjadi tempat wisata yang sangat wajib untuk dikunjungi. Candi bercorak budha tersebut menjadi daya Tarik utama wisatawan dari luar negeri. Dibangun pada masa kepemimpinan Samaratungga pembuatan candi ini berlangsung sekitar 75 tahun dengan dipimpin oleh sang arsitektur yaitu Gunadharma. Setiap pahatan relief yang ada membuat kita semakin terpesona akan keindahan candi ini. Relief yang tergambar pun bukan semata-mata dibuat untuk hiasan melainkan ada cerita dibalik semua relief yang ada. Hanya orang sejarawanlah yang mengerti makna dari relief tersebut. Tetapi bila kita ingin mengetahui ceritanya kita bisa bertanya kepada para penjaga yang ada disana.

Beberapa mitos juga kerap kita dengar tentang “barangsiapa yang bisa memegang patung budha didalam stupa maka akan mendapatkan rejeki yang berlimpah”. Entah benar atau tidaknya tentang mitos ini ternyata banyak para wisatawan yang mencobanya.

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan bangunan bercorak Hindu. Candi ini memiliki candi utama yaitu Candi Siwa, Candi Wisnu, dan Candi Brahma. Candi yang kerap memiliki nama lain candi Roro Jongrang ini ternyata memiliki kisah tersendiri. Keindahan candi ini semakin terlihat ketika malam hari, matahari terbit dan matahari terbenam. Keindahan lainnya juga dapat dirasakan ketika kita meilihat ukiran dan pahatan disetiap dinding candi. Setiap malam tertentu biasanya diadakan sendratari Ramayana di candi ini.

Terlepas dari keindahan candi Prambanan, konon dahulu kala ada seorang yang sakti bernama Bandung Bondowoso yang jatuh cinta pada Roro Jongrang. Namun cintanya tidak diterima oleh roro jongrang sehingga roro jongrang meminta permintaan yang hampir dibilang mustahil, yaitu meminta dibuatkan 1000 candi dalam semalam.

Namun semua usaha Bandung Bondowoso sia-sia karena Roro Jongrang berhasil membuat usahanya sia-sia dengan cara-cara membuat seolah sudah fajar dengan cara menyuruh masyarakat menumbuk padi dan membentangkan selendang berwarnah merah ke orange-an sehingga belum genaplah candi itu dengan jumlah 999. Bandung Bondowoso merasa dicurangi sehingga mengutuk Roro Jongrang menjadi candi yang ke 1000.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang dianggap kramat dan suci oleh masyarakat di desa sekitar. Pantai Parangtritis ini diyakini sebagai rumah Kanjeng Ratu Kidul, penguasa Pantai Selatan. Terlepas dari mitos itu dapat kita saksikan keindahan laut lepas disebelah selatan. Suara gemuruh ombak dan hembusan pasir laut yang berdesir membuat suasananya menjadi nyaman.

Disekitar pantai juga disediakan tempat menyewa ATV, jasa naik kuda da nada juga penjual makanan dan minuman. Beberapa bukit tinggi yang hijau semakin memanjakan mata kita. Suasana nyaman dan asri yang jarang ditemui ditempat lain semakin membuat kita betah di pantai ini.

This entry was posted in Blog and tagged . Bookmark the permalink.
CV Riffa Transport
Kantor 0274 497673
Telkomsel 08112591502
XL 08176001199

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *