Keindahan senja ( sunset) di Candi Ijo

Keindahan senja ( sunset) di Candi Ijo

Candi Ijo terletak di atas sebuah bukit yang oleh masyarakat setempat disebut Gumuk Ijo, bukit tertinggi di wilayah Prambanan. Ketinggian Candi Ijo terletak pada ketinggian 357,402 – 395,481 meter di atas permukaan laut.

Candi Ijo merupakan komplek percandian yang terdiri atas beberapa bangunan dengan halaman teras berundak. Halaman paling suci berada di bagian belakang dan paling atas. Hal tersebut mengingatkan pada salah satu hasil kebudayaan megalitik yang berupa bangunan punden berundak. Periode pendirian komplek bangunan tersebut belum dapat diketahui secara pasti. Saat kami rifatour mengunjungi Candi Ijodan mengamati profil candi, motif hiasan kala-makara, langgam arca dan relief candi yang digambarkan secara naturalistis, mempunyai kemiripan dengan candi-candi di sekitarnya yang dibangun pada abad VIII-X Masehi

Untuk sampai ke Candi Ijo,anda dapat lewat jalan jogja- wonosari atau jalan jogja- solo. apabila anda lewat jalan Jogja-solo ikuti saja jalan menuju Candi Ratu Boko, sekitar 5 kilometer berbelok ke kanan jika berangkat dari Jogja menuju Solo saat sampai di perempatan besar Prambanan atau mengarah ke Wonosari. Jangan berhenti pada parkir bawah Candi Ratu Boko, teruskan saja seakan hendak ke pelataran Candi Ratu Boko. Kemudian ikuti arah ke Candi Ijo di sebuah perempatan dimana arah Candi Boko dan Candi Ijo saling berlawanan (Candi Ratu Boko ke kiri, sedangkan Candi Ijo ke kanan. Bila anda lewat selatan atau piyungan. Nanti setelah perempatan pasar Gendeng ada pertigaan kecil dengan reklame besar MBS pondok modern, belok kanan mengikuti jalan naik ke gunung ijo.

Sebagai pengunjung, perlu menuliskan nama dan tujuan pada buku tamu di penjaga dan memberikan donasi seikhlasnya karena belum dikenakan retribusi untuk masuk. Kemudian melalui sebuah undakan atau tangga untuk mencapai teras teratas pelataran Candi Ijo. Candi Ijo ini seperti berlian, Mungil tetapi sungguh indah, sungguh mempesona, dengan pemandangan luar biasa mengitarinya. Kami rifatour menyarankan bagi anda untuk pergi ke candi ijo pada sore hari karena anda akan di buat terpesona dengan pemandangan sunset disana

 Berjalan kebagian samping candi utama disitu terdapat tiga ukiran yang berbentuk menyerupai sebuah jendela. Dari beberapa candi utama dan anak candi bisa menjadi tempat favorit anda untuk ber selfie ria disana bersama teman – teman ataupun keluarga. Untuk info paket tour kesana kami rifatour siap melayani anda. Batu-batu yang tersusun disini begitu kokoh jadi tidak akan membahayakan anda. Dari sini anda bisa melihat kota Jogja dari ketinggian kira-kira 1200 m dari permukaan laut. Pemandangan yang cukup menarik bukan untuk anda saksikan. Didepan pintu candi utama terdapat 3 anak candi. Didalam anak candi ini terdapat sebuah batu berbentuk bujur sangkar yang berdiri tepat ditengah-tengah rungan, berbeda dengan yang kita temukan sebelumnya di candi utama yang berbentuk persegi pajang. Didalam anak candi ini tidak begitu gelap karena cahaya dari luar masih bisa masuk kedalam. Setiap anak candi memiliki ukiran-ukiran batu diatapnya yang berbeda satu sama lain. Ukiran-ukiran batu tersebut memiliki sebuah arti tersediri. Dan setiap anak candi memiliki kegunaanya masing-masing.

This entry was posted in Blog and tagged . Bookmark the permalink.
CV Riffa Transport
Kantor 0274 497673
Telkomsel 08112591502
XL 08176001199

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *