Candi Plaosan, kisah cinta sepanjang masa

Candi Plaosan, kisah cinta sepanjang masa

Candi Plaosan berada di desa Bugisan,kecamatan Prambanan,kabupaten Klaten,Jawa Tengah.candi ini terletak di wilayah perbatasan antara kabupaten Klaten (provinsi Jawa Tengah) dan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

candi Plaosan memiliki kekuatan cinta pasangan dari Rakai Pikatan dan Pramudya Wardhani, candi Plaosan merupakan candi kembar,di sebut kembar karena ukuran candi yang sama. candi yang pertama candi lor yang kedua candi kidul, candi Plaosan lor memiliki halaman tengah mengelilingi pendopo berukuran 22 kali 20 m dengan pintu masuk sebelah barat. Di sisi timur pendopo terdapat 3 buah altar, yaitu selatan,timur, dan utara. Candi Plaosan kidul juga mempunyai pendopo di bagian tengah dengan 8 candi kecil yang mengelilingi pendopo terbagi menjadi 2 tingkat dan tiap-tiap tingkat terdiri dari 4 candi, perbedaan dari kedua candi ini adalah relief-relief candi.

Candi Plaosan yang merupakan candi budha

Candi ini oleh para ahli di perkirakan dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram hindu, yaitu dibangun pada abad ke-9 masehi. Pada bulan oktober 2003, di kompleks dekat candi Perwara di kompleks candi Plaosan kidul di temukan sebuah Prasasti. Prasasti yang terbuat dari lempengan emas berukuran 18,5 kali 2,2 cm. Tersebut berisi tulisan bahasa Sansekerta yang di tulis menggunakan huruf Jawa kuno. Menurut ahli Fisika, Tjahjono Prasodjo, tersebut menguatkan dugaan bahwa candi Plaosan di bangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan.

Fasilitas yang ada di candi Plaosan seperti area parkir,toilet,taman bermain anak-anak,rumah sakit,kantor kelurahan,kantor kecamatan,penginapan atau losmen,sekolah,masjid.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke candi Plaosan tidak ada tarif khusus yang di tetapkan bagi pengunjung candi Plaosan, anda hanya di minta biaya masuk seikhlasnya dan mengisi buku tamu. Untuk biaya parkir, anda hanya akan di kenakan tarif Rp 1.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda empat.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Candi Plaosan. Jangan lupa hubungi kami sewa mobil jogja Rifa Transport, sekian terima kasih salam hangat dari kami.

This entry was posted in Blog and tagged . Bookmark the permalink.
CV Riffa Transport
Kantor 0274 497673
Telkomsel 08112591502
XL 08176001199

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *