Berlibur Sambil Melihat Koleksi Keris Nusantara di Museum Sonobudoyo

Berlibur Sambil Melihat Koleksi Keris Nusantara di Museum Sonobudoyo

Berlibur ke Yogyakarta tak lengkap rasanya bila kita tak mengunjungi Museum Sonobudoyo. Museum Sonobudoyo ini merupakan museum dengan koleksi keris terbesar di Nusantara. Berbagai keris mulai dari keris Yogyakarta, Madura, Solo, Kalimantan serta keris Sulawesi. Mau tau apa saja yang bisa Anda temui disana?  Silahkan dibaca reviewnya dibawah ini dengan segelas kopi hangat tentunya.

Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo merupakan museum yang letaknya tak jauh dari Kraton Yogyakarta. Museum ini berada di seberang Alun-Alun Itara Yogyakarta. Museum Sonobudoyo merupakan terbesar kedua di Indonesia dengan koleksi total kurang lebih 42.538 koleksi. Beberapa ruang yang dapat kita jumpai di Museum Sonobudoyo antara lain ruang Auditorium yang digunakan untuk kegiatan seminar, ceramah, sesarehan, rapat kerja, dan workshop. Ruang ini juga dapat digunakan sebagai ruang serbaguna.

Ruangan selanjutnya adalah ruangan Candrakiranan. Ruangan ini dibangun guna untuk memperluas tempat pamer. Sebelum dijadikan sebagai museum dulunya Candrakiranan merupakan tempat peristirahatan bagi seorang patih ke tujuh keluarga Paku Alam. Di ruangan ini digunakan sebagai ruang pamer untuk wilayah Jawa Tengah. Selain ruang Audiotorium dan ruang Candrakiranan juga terdapat ruang yang bisa digunakan untuk keperluan acara tertentu. Disana juga terdapat musholla bagi umat Islam.

Setelah mengetahui macam-macam ruangan yang ada sekarang mari kita melihat isi pameran dalam museum. Barang pertama yang akan kalian jumpai adalah benda yang digunakan sekitar 700 mahesi lalu. Benda tersebut adalah bahan baku pembuatan keris yaitu wesi budha. Disamping wesi budha juga dapat kita jumpai seperti peralatan rumah tangga, senjata, serta kerajinan dari masa ke masa. Setelah itu koleksi lainnya yang dapat kalian temukan adalah keris khas pulau Jawa, serta kain batik dengan berbagai motif dari masa ke masa.

Disana juga dapat kita temukan keris khas Kalimantan yang biasa disebut dengan Mandau. Disana juga telah disediakan guide sehingga kita bisa lebih mudah dalam mempelajari dan bertanya mengenai seputar benda-benda yang Anda. Kita juga bisa menemukan perpustakaan, disana terdapat banyak buku yang mengulas tentang masa lalu khususnya wilayah Yogyakarta. Disana juga terdapat arsip-arsip yang biasa digunakan oleh sejarawan untuk meneliti.

Gimana, pasti tertarik kan untuk mengetahui lebih lanjut Museum Sonobudoyo ini. Biaya tiket masuk sekitar Rp.5000,00 saja. Mari menimba ilmu dan melestarikan budaya !!

This entry was posted in Blog and tagged . Bookmark the permalink.
CV Riffa Transport
Kantor 0274 497673
Telkomsel 08112591502
XL 08176001199

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *