5 Tempat Wisata Yogyakarta yang Bernilai Sejarah

Posted on
5 Tempat Wisata Yogyakarta yang Bernilai Sejarah

5 Tempat Wisata Yogyakarta yang Bernilai Sejarah

Membahas seputar Yogyakarta ini memang tidak ada habisnya. Semua kebutuhan travelling kita dijamin terpenuhi. Tak hanya soal travelling, Yogyakarta sendiri memiliki tempat wisata yang dapat menambah ilmu pengetahuan kita. Yap, Yogyakarta memiliki tempat wisata yang Bernilai Sejarah. Mau tau tempat wisata apa saja? Yuk simak!

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang letaknya persis di Yogyakarta. Tak main-main dalam memasukkannya ke tujuh keajaiban dunia ternyata Candi Borobudur memiliki nilai sejarah yang sangat besar pengaruhnya pada peradaban dunia. Dalam relief yang terdapat pada dinding candi dapat diketahui terdapat kisah perjalanan sang budha. Untuk bisa mengetahui cerita ini para wisatawan harus berjalan memutari candi searah jarum jam. Hingga pada nantinya setibanya diatas sana kita akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan yang disajikan.

Jika ditelaah lebih dalam ketika kita sampai di atas Candi kita akan dapat melihat deretan gunung yang mengitari candi yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Seakan-akan Candi Borobudur ini menjadi harta yang dijaga ketat oleh keempat gunung tersebut. Dalam relief juga diceritakan tentang keadaan masyarakat Jawa pada saat itu. Dibangun selama puluhan tahun oleh Raja Samaratungga dengan dipimpin oleh Gunadarma menjadikan Candi ini sebagai saksi bisu yang menyimpan seelok kisah dijaman dahulu. Terdapat juga mitos, barangsiapa yang tangannya bisa menyentuh patung budha yang terdapat didalam pagoda maka akan mendapatkan Rezeki yang tak terduga.

Candi Prambanan

Candi Hindu termegah akan keindahannya yang luar biasa ini dibangun pada masa raja Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Candi Prambanan sendiri memiliki 3 candi pokok yaitu Candi Brahma, Candi Siwa, dan Candi Wisnu. Konon menurut masyarakat setempat candi ini memiliki kisah cinta seorang Bandung Bondowoso terhadap Roro Jongrang. Tak hanya itu Candi ini juga menyediakan sebuah pertunjukan sendratari Ramayana yang biasa dilakukan pada malam hari. Keindahan  akan ukiran yang terdapat pada dinding candi ini tak bisa dipungkiri, terutama bagi para sejarawan dan arsitek.

Kraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta merupakan tempat wisata yang terkenal kental akan nilai sejarahnya. Disanahlah semua hal yang terjadi pada jaman dahulu dapat kita pelajari. Kraton Yogyakarta sendiri dijadikan sebagai Museum yang nantinya akan menjadi tonggak berlangsungnya adat Jawa kedepannya nanti.

Kota Gede

KotaGede merupakan sebuah tempat wisata di Yogyakarta yang menjadi saksi bisu seenggok kisah pada jaman kerajaan Mataram. Kotagede yang dulunya menjadi pusat dari kerajaan Mataram kini dijadikan sebagai objek wisata. Disana kita bisa menemukan sisa dari reruntuhan benteng dan bangunan-bangunan pada masa lalu.

Monumen Jogja Kembali (MonJaLi)

Monumen Jogja Kembali merupakan bangunan yang didirikan oleh para pejuang bangsa guna menjadi bukti bahwa pada jaman dahulu rakyat Indonesia mengadakan perlawanan terhadap para penjajah. Di dalam Monumen berbentuk gunung ini terdapat seragam tentara, tandu jenderal Soedirman, serta terdapat ruang Sidang Utama. Tertarik untuk mempelajari cerita pada masa lalu, yuk datang ke Monumen Jogja Kembali, dijamin kalian pasti mendapatkan pengalaman sejarah terbaik.

CV Riffa Transport
Kantor : 0274497673
Tsel : 08112521777
Alamat: Jl Prambanan – Piyungan KM 5 Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta 55572