5 Kawasan Wisata Alam Terkenal Di Yogyakarta

Posted on

Pesona kota Yogyakarta memang tak pernah habis 5 Tempat Wisata Alam Populer di YogyakartaPesona kota Yogyakarta memang tak pernah habis. Kota Pelajar ini memang menjadi tujuan favorit para wisatawan. Tak hanya kerajinan barang-barang seni dan budayanya yang elok, wisata alam di Yogyakarta juga mempunyai daya tarik istimewa bagi wisatawan dari seluruh pelosok negeri. Berbicara perihal wisata alam di Yogyakarta, berikut yakni 5 wisata alam terkenal di Yogyakarta yang pastinya akan menciptakan hati Anda tak tenang jika tidak menyempatkan diri untuk mampir ketika sedang berada di Yogyakarta.

1. Kaliurang

Akses menuju ke daerah wisata Kaliurang sangat mudah. Anda sanggup memakai angkot, taxi, ojek atau rental kendaraan beroda empat Sabila. Kaliurang berjarak 28 kilometer dari sentra kota Yogyakarta. Kawasan wisata alam terkenal di Yogyakarta yang satu ini amat memikat, serta tempat yang menyenangkan sebagai pilihan berekreasi bersama teman dan keluarga. Tak ada yang lebih menenangkan hati daripada kenangan masa kecil yang indah. Inilah yang akan Anda rasakan selama perjalanan menuju kaliurang dari arah Yogyakarta. Bak lukisan pemandangan ketika masih di taman kanak-kanak, dipastikan, Anda akan mencicipi hening melihat bingkai lukisan alam tersebut.

Salah satu keunikan wisata alam Kaliurang yakni terdapat gardu pandang dimana anda sanggup menikmati keindahan gunung merapi yang amat menawan. Selain itu terdapat juga formasi 22 gua peninggalan Jepang yang terletak pada sisi barat Bukit Plawangan sejauh 1100 meter. Kaliurang juga mempunyai beberapa bangunan bersejarah salah-satunya yakni Wisma Kaliurang dimana tempat tersebut pernah dipakai antara Pemenrintah Indonesia dan Komisi Tiga Negara pada tahun 1948 yang menghasilkan Notulen Kaliurang.

2. Kaliadem

Kaliadem berada di lereng selatan Gunung Merapi. Setelah letusan terakhir Gunung Merapi pada tahun 2010 silam, Kaliadem yang dulunya merupakan hutan pinus lebat eksklusif berubah gersang dengan timbunan material vulkanik. Namun tig tahun sesudah letusan tersebut sekarang daerah Kaliadem sudah kembali menampakkan kesejukannya. Pohon-pohon pinus yang dulu mati terbakar sekarang sudah mulai tumbuh kembali. Anda dapt mencapai Kaliadem dari Yogyakarta (melalui Kaliurang), dari Solo (melalui Prambanan dan Cangkringan) atau dari Borobudur/Magelang (melalui Tempel dan Turi).

3. Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran yang terletak di Patuk, Gunungkidul ini merupakan gunung api purba berbentuk bongkahan kerikil raksasa. Bila tiba ke salah satu wisata alam terkenal di Yogyakarta ini, selain sanggup menyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam yang mempesona serta gemerlap Jogja di malam hari, Anda juga sanggup mengunjungi dusun misteri di Puncak Timur Nglanggeran yang dikenal dengan dusun 7 kepala keluarga.

4. Gua Rancang Kencono

Terletak di Desa Wisata Bleberan, Gua Rancang Kencono yakni gua bersejarah yang terletak di bawah naungan pohon klumpit raksasa. Untuk memasukinya anda cukup menuruni tangga kerikil yang sudah ada semenjak dulu. Sebatang pohon klumpit yang tingginya sudah melampaui atap gua pun menyambut dengan gagahnya. Di sisi lain gua, konon ada lorong yang menghubungkan Gua Rancang Kencono dengan Air Terjun Sri Gethuk. Saat malam, suasana mistis nan eksotis akan Anda rasakan. Anda sanggup mencicipi sensasi ini sambil menikmati secangkir wedang jahe.

5. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk berada di tepi sungai Oyo, dan merupakan salah satu wisata alam terkenal yang terdapat di daerah Gunungkidul, tepatnya di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Demikianlah beberapa rekomendasi wisata alam yang terkenal di Yogyakarata yang sanggup menjadi pilihan sempurna ketika ingin melepas penat ketika ingin berlibur ke Jogjakarta. Selain 5 tempat tersebut tentu masih banyak tempat wisata menarik lainnya yang akan Sabila bahasa pada artikel selanjutnya

CV Riffa Transport
Kantor : 0274497673
Tsel : 08112521777
Alamat: Jl Prambanan – Piyungan KM 5 Madurejo Prambanan Sleman Yogyakarta 55572